Makalah PENGARUH PEMBERIAN KEONG TERHADAP KUALITAS TELUR ITIK

Sebelumnya Nida minta maaf nih, karena posting Nida kali ini, tidak sesuai judul blog Nida, yaitu Novel Remaja dan Kata-kata tapi Nida cuma mau membuat makalah hasil kelompok kami kedalam blog ku.



PENGARUH PEMBERIAN KEONG TERHADAP KUALITAS TELUR ITIK

A.Pemilihan Masalah
Telur itik yang dihasilkan dari itik yang diberi makan tepung keong kualitas kuning telurnya tersebut kemerah-merahan.

B.  Perumusan Masalah
Bagaimana pengaruh pemberian tepung keong terhadap kualitas telur itik?


C.Pengumpulan Keterangan
Bebek atau Itik merupakan jenis unggas yang paling mudah perawatannya, artinya jenis pakannya sangatlah fleksibel, diberi makan apapun pokoknya jenis makanan yang tidak basi, mereka
mau saja
. Seperti tepung keong, tepung keong adalah Keong emas baik digunakan untuk campuran pakan itik karna hewan air ini mengandung banyak protein dan kalsium. Pemberian dalam bentuk segar dapat menyebabkan pengaruh negatif terhadap ternak, yaitu dapat menyebabkan penurunan produksi ternak karna di dalam lendir keong tersebut terdapat suatu zat anti nutrisi yang dapat menghambat pertumbuhan ternak. Oleh sebab itu dianjurkan menggunakan keong emas yang telah direbus, karna zat anti nutrisi yang ada akan berkurang atau bahkan hilang setelah proses perebusan selama 15-20 menit.

D.   Penyusunan hipotesis.
Setelah pemberian tepung keong, telur itik memiliki kualitas yang baik yaitu kuning telur menjadi kejingga-jinggaan.
E.    Pengujian hipotesis.
Untuk menguji hipotesis tersebut, kita dapat melakukan percobaan, sebagai berikut :
1.   Beri makan 4 ekor itik, 2 ekor dengan tepung keong, dan 2 sisanya dengan dedak.
2.   Tunggu itik sampai menghasilkan telur.
3.   Setelah telur dihasilkan, pecahkan satu telur dari itik yang diberimakan tepung keong dan satu telur dari itik yang diberi makan dedak.
4.   Bandingkan dua kuning telur tersebut.

Kuning telur yang berwarna kejingga jinggaan merupakan hasil dari itik yang di beri makan tepung keong.
dan kuning telur yang berwarna kuning di beri makan  dedak.
F.     Pengolahan data.
No.
Jumlah Itik
Jenis Pakan
Massa Pakan
Warna Kuning Telur
Tepung keong
Dedak
1.
2 ekor
ü  

320 gr/hari
Kejingga-jinggaan
2.
2 ekor

ü  
320 gr/hari
Kuning

G.   Pengambilan kesimpulan.
Dari eksperimen yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa itik yang diberi pakan tepung keong kualitasnya lebih baik daripada itik yang diberi pakan dedak. Dengan jumlah itik dan massa pakan yang sama, itik yang diberi pakan tepung keong menghasilkan kuning telur yang kejingga-jinggaan sedangkan telur yang dihasilkan dari itik yang diberi pakan dedak menghasilkan kuning telur yang kualitas warna kuningnya agak lebih muda.
   Warna kejinggga-jinggaan tersebut diperoleh dari pakan yang berkualitas baik. Warna jingga dikarenakan mengandung nutrisi yang tinggi, yaitu protein dan kalsium yang diperoleh dari tepung keong yang mengandung banyak protein.
Oleh karena itu, banyak peternak yang memilih untuk memberi pakan dengan tepung keong selain kualitas telurnya lebih baik,nutrisinya lebih tinggi, serta daya jualnya lebih tinggi daripada telur yang tidak diberi pakan tepung keong.

selesai. Sekian post dari Nida, Semoga bermanfaat ya ilmu makalahnya, kalau mau buat metode ilmiah usahakan permasalahannya cuma 1 saja, agar penjelasan dalam hipotesis tidak terlalu luas ya. 


2 komentar:

  1. kalau misalnya tidak ada ayam dan telur itik, apakah bisa diganti dengan bebek dan telur bebek?
    Kan seringnya para peternak kalau ingin telurnya bagus tinggal di balut dengan abu tapi kandungannya apakah berbeda dengan telur itik?
    TERIMAKASIH!

    BalasHapus
  2. Kak... Minta izin ngutip beberapa pernyataan nya boleh kak... Untuk tugas sekolah kak..

    BalasHapus